Adapun khasiat dari daun jati cina adalah: mengurangi kolesterol, apabila anda makan yang kaya akan karbohidrat dan kolesterol tinggi minumlah teh ini. Akan membersihkan sisa-sisa kotoran pada usus anda.

Minum Air Putih Penting, Tapi Kondisi Ini Justru Harus Dibatasi

Minum air putih merupakan salah satu cara yang perlu dilakukan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Namun jangan salah, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang malah sebaiknya membatasi minum air putih.

Beberapa kondisi tersebut di antaranya untuk para lansia, mereka yang melakukan olahraga berat dan pasien dengan kondisi gangguan ginjal. Demikian disampaikan oleh Guru Besar Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof Dr dr Parlindungan Siregar, SpPD-KGH.

Menurut Prof Parlindungan, dalam sehari lansia dengan usia di atas 65 tahun minimal minum air putih 1 liter dan maksimal 1,5 liter. Jika minum berlebihan dalam waktu dekat, risikonya adalah hiponatremia alias natrium berkurang drastis. Efeknya tubuh menjadi lemas, bahkan bisa mengalami kejang-kejang dan penurunan kesadaran.

"Orang usia lanjut yang mudah patah tulang itu natriumnya rendah, mungkin karena minumnya terlalu banyak juga," terang Prof Parlindungan, dalam konferensi pers peringatan Hari Ginjal Sedunia 2015 di Hotel JW Marriott Mega Kuningan.

Sementara untuk olahragawan berat, misalnya pelari ultra-maraton yang harus menempuh jarak lari hingga berpuluh-puluh kilometer, asupan cairannya juga justru dianjurkan secukupnya dan jika haus saja. Mereka tak dianjurkan minum terlalu banyak.

"Ada istilah exercise associated hyponatremia akibat ada kelebihan air. Minum 6 liter sekaligus misalnya, itu bisa bikin natriumnya turun. Makin jauh finish-nya, makin tinggi natriumnya turun. Bisa-bisa sampai di garis finish langsung pingsan. Minumnya kurang dari 1,5 liter air per jam saja," jelas konsultan ginjal dan hipertensi dari RSCM Jakarta tersebut.

Orang-orang dengan gangguan pada ginjal juga sebaiknya membatasi konsumsi air sesuai anjuran dokter. Jika berlebihan, kerja ginjal justru menjadi berat. Jika ginjal normal namun terlalu banyak minum, misalnya sekaligus sampai 5 liter, maka natrium dan kesadarannya bisa turun, bahkan juga bisa kejang.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Sponsor

Like Facebook

Blog Archive