Adapun khasiat dari daun jati cina adalah: mengurangi kolesterol, apabila anda makan yang kaya akan karbohidrat dan kolesterol tinggi minumlah teh ini. Akan membersihkan sisa-sisa kotoran pada usus anda.

Rosella Ungu


Kepopuleran bunga Rosella (Hibicus sabdarifa) kian hari kian bertambah, terutama setelah orang mengenal khasiatnya. Rosella merupakan suatu tumbuhan herbal yang kaya akan kandungan flavonoid, vitamin, asam amino, mineral, asam organic, anthocyanin, komponen phenol, tannin, dan karbohidrat serat,.

Zat-zat ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Antioksidan dalam Rosella lebih tinggi dibanding dengan antioksidan pada Kumis Kucing. Bahkan dalam Global Science Books, Ismail et al, 2008 disebutkan, vitamin C dalam Rosella 3 kali lebih tinggi dari Black Currant (Ribes nigrum L), dan 9 kali lebih tinggi dari Citrus (Citrus sinensis L).

Antioksidan Dalam Rosella Ungu 5 kali lebih tinggi
Tumbuhan herbal ini diketahui memiliki beberapa jenis, yaitu Rosella Ungu, Merah, Kuning, dan Hijau. Meski semua jenis Rosella mengandung antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan, namun Rosella Ungu dikenal yang paling tinggi kandungan antioksidannya, yaitu 5 kali lebih tinggi dibanding Rosella Merah, demikian pula dengan kandungan kalsium, magnesium, dan potasiumnya, sehingga mengonsumsi Rosella Ungu baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, rosella ungu memiliki rasa asam yang lebih mild, sehingga aman bagi penderita maag.

Antioksidan dalam rosella sangat bermanfaat untuk mencegah dampak buruk dari radikal bebas yang bisa terbentuk akibat pola hidup modern yang cenderung tidak sehat, seperti stress, kurang tidur, polusi di sekeliling kita, dan factor lain. Terbentuknya radikal bebas ini tentu dapat melemahkan daya tahan tubuh kita, sehingga kita mudah terserang penyakit. Manfaat antioksidan lainnya menurut hasil riset yang dilakukan di Al-Gaseem University, Saudi Arabia and University of Porysmouth, UK adalah untuk menormalkan gula darah, asam urat, dan kolesterol, memelihara kesehatan kulit dan mengurangi kerut, menurunkan berat badan, antibakteri dan antivirus, membantu metabolisme, dan menunda menopause dan osteoporosis.
Berkat kemajuan teknologi, kini rosella dapat dinikmati dalam bentuk minuman, sehingga lebih praktis. dengan mengonsumsi rosella ungu secara teratur setiap hari, kita diharapkan dapat melawan radikal bebas yang hadir dalam hari-hari sibuk kita.

Cara Menyajikan Rosella Ungu:
ambil 3-4 kelopak bunga rosella ungu diseduh dengan 1 gelas air panas. Tambahkan gula / madu secukupnya. Aduk, biarkan sesaat sampai air berwarna ungu. Dinginkan lalu siap diminum.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Sponsor

Like Facebook

Blog Archive