Adapun khasiat dari daun jati cina adalah: mengurangi kolesterol, apabila anda makan yang kaya akan karbohidrat dan kolesterol tinggi minumlah teh ini. Akan membersihkan sisa-sisa kotoran pada usus anda.

Temu Giring


Temugiring (Curcuma Heyneana Vahl) merupakan tumbuhan tahunan, memiliki ketinggian mencapai 2 meter. Temugiring memiliki rimpang yang tumbuh menyebar ke kiri dan kanan batang secara memanjang, sehingga terlihat kurus dan bengkok ke bawah. Rimpang bagian samping umumnya memiliki rasa yang lebih pahit, dan bila dibelah akan terlihat dagingnya yang berwarna kuning kehijau-hijauan dan berbau aromatik khas temugiring. Seluruh daunnya berwarna hijau. Mahkota bunga berwarna kuning dengan daun-daun pelindung yang mempunyai ujung lancip.

Di dalam rimpang temugiring ini terdapat zat aktif yang dapat membunuh cacing ascaris (cacing gelang). Zat aktif itu adalah minyak atsiri, monoterpen, dan seskuiterpen. Kandungan kimia dalam temugiring adalah flavonoid, minyak atsiri, kurkumin, monoterpen, seskuiterpen, saponin, tanin, dan zat pati. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa kandungan kurkumin pada rimpang utama (umbi pokok) lebih tinggi dibandingkan dengan rimpang cabang.

Khasiat Temu Giring:
Manfaat dari temugiring adalah untuk mengatasi perasaan tidak tenang atau cemas, jantung berdebar-debar, cacingan, sembelit, disentri, haid tidak teratur, menambah nafsu makan, meningkatkan stamina, menghaluskan kulit, dan sebagainya.
Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai obat sebagian besar adalah bagian rimpang dari tumbuhan tersebut.

Resep Tradisional Penggunaan Temugiring

Cacingan
Rimpang temu giring segar 4 g; Air secukupnya, Temu giring diparut kemudian diseduh dengan air mendidih hingga diperoleh 1/4 cangkir, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.

Bau Badan
Rimpang temu giring segar 1/2 jari tangan; Air mendidih 100 ml, Diseduh, Diminum 1 kali sehari 100 ml.

Kegemukan
Rimpang temu giring segar 1/2 jari tangan; Daun kemuning segar 1 genggam; Daun pacar kuku segar 1 genggam; Air secukupnya, Diseduh, Diminum 1 kali sehari 1/4 cangkir.



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Sponsor

Like Facebook

Blog Archive